Koneksi Antar Materi Modul 2.3 - Coaching (Guru Penggerak)

 

CGP ANGKATAN 5 SMK N 4 BOJONEGORO

Oleh : ARIF SULISTIYO,S,Kom,Gr.

 

KESIMPULAN DAN REFLEKSI

 Asalamualaikum wr wb

Hari ini saya akan memberikan Refleksi dan Kesimpulan dalam Koneksi Antar Materi di Modul 2.3

Bagaimana peran Anda sebagai seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di paket modul 2 yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi?

Dalam Peran saya sebagai Coach disekolah biasanya saya melakukan Pelaksanaan Supervisi Akdemik atas Tugas yang diberikan oleh Kepala sekolah kepada saya untuk melakukan supervise akademik kepada teman guru  kompetensi keahlian Rekauasa Perangkat Lunak.

Dalam Proses Pelaksanaan Supervisi Ahademik tersebut , dilaksanakan dengan kita memberikan jadwal kepada guru tersebut untuk pelaksanaan supervisi akademik, Tahapan pelaksanaan supervise akademik dilaksanakan dibagi menjadi 3 tahap : 1. Tahap Pra supervisI 2. Tahap Proses Supervisi dan 3 Tahap pasca Supervisi.

Pada Pelaksanaan Pra supervisI saya melakukan tahapan tersebut sebagai coach , Saya berusaha menggali pada proses ini apa yang menjadi tujuan pelaksanaan coaching ini pada proses pra supervisI ini, pada proses ini juga saya menyakan apa yang menjadi indiKator pencapain yang ingin di tuju,apa yang menjadi tujuan spesifik dalam pelaksanaan coaching ini serta saya menamyakan Rubrik penilaian dalam pelaksanaan KBM yang akan dilaksanakan dalam proses supervisi ini .

Dalam Pelaksanaan Pra supervisi ini saya menyakan apakah ada pemenuhan kebutuhan murid dalakam pelaksanaan pembelajaran diferensiasi, pembelajaran diferensiasi tersebut apakah sudah memenuhi diiferensiasi content,proses dan produk dan bagaimana nanti implementasi di pembelajaran.

Dalam Pelaksanaan pra supervisi tersebut saya juga menanyakan , dalam pembelajaran nanti apakah anda sebagai guru sudah memperhatikan keadaan sosial emosional murid, apakah murid sudah siap belajar secara fisik maupun psikologis, Bagaimana kondisi anak apakah sudah Maindfullness (hadir sepenuhnya dikelas.

Untuk Pelaksanaan Proses Supervisi , saya Meperhatikan tahapan pembelajar sesuai dengan kriteria dan rubrik penilain dalam pelaksanaan pembelajaran , dimana guru sudah membuka dengan salam, kemudian mengajak murid berdoa, dan melakukan apersepsi dimana guru tersebut melakukan ice briking supaya siswa tersebut hadir semua pikiran dan fisik  , hati pada proses KBM hari itu. Sampai proses Penutup pembelajaran guru sudah memberikan Refleksi dan kesimpulan pembelajaran pada hari itu.

Setelah Proses pembelajaran selesai akhirnya saya dan teman guru saya melakukan pertemuan pasca supervisi pada saat itu saya meberikan umpan balik , berupa penguatan penguatan, Refleksi dan Masukan untuk semakin menambah kompetensi dari teman guru saya agar selanjutnya proses pelaksanaan pembelajaran semakin meningkat lebih baik

 

Bagaimana keterkaitan keterampilan coaching dengan pengembangan kompetensi sebagai pemimpin  pembelajaran?

Sangat Berhubungan sekali karena kita sebagai pemimpin pembelajaran wajib memiliki kemampuan coaching karena pemimpin pembelajaran menggunakan teknik coaching ini untuk menggali ide ide dari seorang coachee dalam peningkatan tujuan dan kompetensi di masa yang akan datang , teknik coaching yang dimiliki oleh peminpin pembelajaran bisa membantu teman guru yang di coaching mampu menyeleaikan permasalahannya sendiri tanpa kita sebagai pemimpin pembelajaran menunjukkan solusi dari permasalahan tersebut, karena kita sebagai peminpin pembelajaran benar benar mendorong guru yang menjadi coachee tersebut menemukan solusi nya sendiri dengan menggali ide dan jawaban pada dirinya.

Sehingga dapat saya simpulan bahwa kita sebagai Pemimpin pembelajaran harus mampu menjadi seorang coach dan melakukan proses coaching pada pelaksanaan pembelajaran , yang mana dalam pembelajaran tersebut harus tetap memperhatikan kebutuhan murid dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan tetap menjaga keadaan sosial emosional murid dan lingkungan belajar supaya murid merasa hadir penuh dalam pembelajaran tanpa ada rasa di paksa dan akhirnya tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 Terimakasih wasalamualaikum wr wb

 SALAM GURU PENGGERAK (TERGERAK, BERGERAK DAN MENGGERAKKAN)

Komentar